ntanrahmah

A great WordPress.com site

Makna Keadilan dalam Al Qur’an

Leave a comment

 

Al Qur’an adalah kitab suci yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW yang terdapat rangkaian petunjuk bagi umat islam dalam menuju kehidupan yang bahagia dan sejahtera baik di dunia maupun di akhirat. Al Qur’an diturunkan hanya untuk suatu umat a tau suatu abad tetapi untuk seluruh umat manusia dan untuk sepanjang masa. Isi yang terkandung di dalam Al Qur’an tidak hanya mengajarkan tentang ibadah namun terdapat hubungan seorang manusia dengan Allah SWT, antar sesama manusia dan mengajarkan nilai-nilai kebenaran secara universal. Petunjuk di dalam Al Qur’an yang menjadi pedoman bagi umat islam dalam menuju kesempurnaan dalam kehidupan.

Ajaran-ajarannya yang begitu luas serta ditujukan kepada umat manusia dalam kehidupan, kepada kaum yang masih keadaan primitif, maupun kepada kaum yang telah mencapai peradaban dan kebudayaan yang tinggi, bagi orang yang  mengindahkan harta maupun bagi seorang usahawan, orang yang kaya maupun orang miskin, yang pandai maupun yang bodoh. Pokoknya mencakup seluruh golongan masyarakat, maupun kegiatan manusia.

Definisi Keadilan dalam Al Qur’an

Kata ‘adl adalah bentuk masdar dari kata kerja ‘adala – ya‘dilu – ‘adlan – wa ‘udulan – wa ‘adalatan (عَدَلَ – يَعْدِلُ – عَدْلاً – وَعُدُوْلاً – وَعَداَلَةً) .[1] Kata kerja ini berakar dengan huruf-huruf ‘ain (عَيْن), dal (دَال) dan lam (لاَم), yang makna pokoknya adalah ‘al-istiwa’’ (اَلْاِسْتِوَاء = keadaan lurus) dan ‘al-i‘wijaj’ (اَلْاِعْوِجَاج = keadaan menyimpang).[2] Jadi rangkaian huruf-huruf tersebut mengandung makna yang bertolak belakang, yakni lurus atau sama dan bengkok atau berbeda. Dari makna pertama, kata ‘adl berarti “menetapkan hukum dengan benar”. Jadi, seorang yang ‘adil adalah berjalan lurus dan sikapnya selalu menggunakan ukuran yang sama, bukan ukuran ganda. Persamaan itulah yang merupakan makna asal kata ‘adl, yang menjadikan pelakunya “tidak berpihak” kepada salah seorang yang berselisih, dan pada dasarnya pula seorang yang ‘adil berpihak kepada yang benar, karena baik yang benar maupun yang salah sama-sama harus memperoleh haknya. Dengan demikian, ia melakukan sesuatu yang patut dan tidak sewenang-wenang.[3]

Al-Asfahani menyatakan bahwa kata ‘adl berarti memberi pembagian yang sama. Sementara itu, pakar lain mendefinisikannya dengan penempatan sesuatu pada tempat yang semestinya. Ada juga yang menyatakan bahwa ‘adl adalah memberikan hak kepada pemiliknya melalui jalan yang terdekat. Hal ini sejalan dengan pendapat al-Maraghi yang memberikan makna kata ‘adl dengan menyampaikan hak kepada pemiliknya secara efektif.

Kata ‘adl di dalam Al-Quran memiliki aspek dan objek yang beragam, begitu pula pelakunya. Keragaman tersebut mengakibatkan keragaman makna ‘adl (keadilan). Menurut penelitian M. Quraish Shihab, paling tidak ada empat makna keadilan.

Pertama, ‘adl dalam arti “sama”. Pengertian ini yang paling banyak terdapat di dalam al-Qur’an,  Kata ‘adl dengan arti sama (persamaan) pada ayat-ayat tersebut yang dimaksud adalah persamaan dalam hak. Salah satu ayat di dalam Surat An-Nisa’ (4): 58, yang di nyatakan,

وَاِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ اَنْ تَحْكُمُوْا بِالْعَدْلِ

 

Apabila [kamu] menetapkan hukum di antara manusia hendaklah kamu menetapkan dengan adil).

Kedua, ‘adl dalam arti “seimbang”. Pengertian ini ditemukan di dalam Surat al-Infithar (82): 7. Pada ayat yang disebutkan terakhir, yang dinyatakan,

 

اَلَّذِىْ خَلَقَكَ فَسَوَّاكَ فَعَدَلَكَ

 

[Allah] Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan [susunan tubuh]-mu seimbang).

M. Quraish Shihab menjelaskan bahwa keseimbangan ditemukan pada suatu kelompok yang di dalamnya terdapat beragam bagian yang menuju satu tujuan tertentu, selama syarat dan kadar tertentu terpenuhi oleh setiap bagian. Dengan terhimpunnya syarat yang ditetapkan, kelompok itu dapat bertahan dan berjalan memenuhi tujuan. Jadi, seandainya ada salah satu anggota tubuh manusia berlebih atau berkurang dari kadar atau syarat yang seharusnya, maka pasti tidak akan terjadi keseimbangan (keadilan). keadilan di dalam pengertian ‘keseimbangan’ ini menimbulkan keyakinan bahwa Allah SWT Yang Maha bijaksana dan Maha Mengetahui menciptakan serta mengelola segala sesuatu dengan ukuran, kadar, dan waktu tertentu guna mencapai tujuan. Keyakinan ini nantinya mengantarkan kepada pengertian ‘keadilan Ilahi’.

Ketiga,‘adl dalam arti “perhatian terhadap hak individu dan memberikan hak itu kepada setiap pemiliknya”. Pengertian inilah yang didefinisikan dengan “menempatkan sesuatu pada tempatnya” atau “memberi pihak lain haknya melalui jalan yang terdekat”. Lawannya adalah kezaliman, yakni pelanggaran terhadap hak pihak lain. Pengertian ini disebutkan di dalam S. al-An‘am (6): 152.

وَاِذَا قُلْتُمْ فَاعْدِلُوْا وَلَوْكَانَ ذَاقُرْبَى

 

Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil kendatipun dia adalah kerabat[mu]).

 

Keempat, ‘adl dalam arti yang dinisbahkan kepada Allah. ‘Adl di sini berarti memelihara kewajaran atas berlanjutnya eksistensi, tidak mencegah kelanjutan eksistensi dan perolehan rahmat saat terdapat banyak kemungkinan untuk itu. Jadi, keadilan Allah pada dasarnya merupakan rahmat dan kebaikan-Nya. keadilan Allah mengandung konsekuensi bahwa rahmat Allah swt. tidak tertahan untuk diperoleh sejauh makhluk itu dapat meraihnya. Allah memiliki hak atas semua yang ada, sedangkan semua yang ada tidak memiliki sesuatu di sisi-Nya. Di dalam pengertian inilah harus dipahami kandungan S. Ali ‘Imran (3): 18, yang menunjukkan Allah swt. sebagai Qaiman bil-qisthi (قَائِمًا بِالْقِسْط =Yang menegakkan keadilan).

Macam-macam Keadilan dalam Islam

Islam menyuruh adil dalam berbicara, walaupun perkataan ini membuat keluarga kita marah: (Dan apabila kamu berkata, Maka hendaklah kamu berlaku adil, kendatipun ia adalah kerabat(mu) ) (QS. al An’am: 152)

Islam menyuruh adil dalam kesaksian jika kita diminta untuk bersaksi, walaupun kesaksian ini menyulitkan kita atau menyulitkan orang yang disaksikan, karena ia adalah kesaksian karena Allah:

(Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu Karena Allah.) (QS. ath Thalaq: 2)

(Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) Karena Allah, menjadi saksi dengan adil.) (QS. al Maidah: 8)

Islam menyuruh adil dalam memutuskan hukum, Allah berfirman: (Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil.) (QS. an Nisaa’: 58)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka :

Al Qur’an dan Terjemahnya

http://makalahmajannaii.blogspot.com/2012/02/keadilan-dalam-alquran.html

 

http://politeknik-lp3i-bandung.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=884:perintah-islam-untuk-berlaku-adil-perintah-islam-untuk-berlaku-adil&catid=73:imtak&Itemid=178

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tanggapan

Makna keadilan yang terdapat didalam AL Qur’an menurut penelitian M. Quraish Shihab, mengemukakan bahwa ada 4, diantarannya yaitu adil dalam arti Sama, Seimbang, Perhatian terhadap setiap hak individu dan memberikan hak itu kepada setiap pemiliknya serta adil dalam memelihara kewajaran atas berlanjutnya eksistensinya.

Macam-macam keadilan yang terdapat di dalam Al Qur’an menyebutkan bahwa islam menyuruh berbuat adil dalam berbicara, dalam memberikan kesaksian dan menyuruh adil dalam memutuskan hukum.

 

Saran

Al Qur’an yang di turunkan oleh Allah SWT telah menanamkan dasar keadilan dalam masyarakat muslim ynag tidak ada duanya, yang dikenal masyarakat dalam sejarah mereka dahulu dan tidak sampai kepadanya dalam sejarah sekarang. Hsl ini mengaitkan terealisasinya keadilan dengan Allah, allah lah yang memerintahkan untuk berbuat adil dan Dialah yang mengawasi pelaksanaannya dalam kehidupan nyata, Dia yang member pahala bagi yang melaksanakannya, dan menjatuhi siksaan bagi yang mengabaikannya dalam situasi dan kondisi. Islam memerintahkan umatnya untuk berbuat adil dengan orang mereka cintai dan orang yang mereka benci. Adil secara mutlak hanya karena Allah, bukan Karena sesuatu yang lain.

 

Leave a comment